Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan
Elektronik (E-Commerce)
PERDAGANGAN
ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan
perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce)
dengan sangat sempit. Definisi sempit yang Orang-orang ini akan menyebutnya
sebagai transaksi bisnis elektronik. Dengan pandangan ini,istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak
operasi perusahaan adalah internal dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh
bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi,
pemasaran, dan lain-lain. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis
yang menggunakan akses jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka (interface)sebuah browser.Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan
elektronik (e-commerce).
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan
2 jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumer—B2C)mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk;e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada
transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Sebagai contoh, dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke toko
eceran ke konsumen seluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain
adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen,yaitu
merupakan transaksi B2C.
Transaksi
B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka berada di
dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang
yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan
sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi
tersebut. Karena terjadi antar bisnis, jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil
tetapi dengan nilai yang cukup tinggi. Satu transaksi antara toko eceran dengan
konsumen, yang merupakan transaksi B2C.
Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
perusahaan melaksanakan e-commerce untuk mencapai perbaikan
organisasi secara keseluruhan. Perbaikan –perbaikan ini diharapkhan merupakan
hasil dari tiga manfaat utama :
·
Pebaikan layanan pelanggan
sebelum,selama,dan setelah penjualn
·
Perbaikan hubungan dengan pemasok
dan komunikasi keuangan
·
Peningkatan imbal balik ekonomis
atas pemegang saham dan investasi pemilik. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi
yang mencapai tujuan e-commerce
adalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi mencapai
tujuannya.
Manfaat
di atas akan memberikan kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan
memungkinkannya bersaing dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin
luas menerapkan teknologi komputer.
Kendala-kendala E-Commerce
Pada survei tahun 1960, 60 %
perusahaan yang memberikan respons menunjukkan bahwa mereka belum
mengimplementasikan e-commerce dan
tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan.
Bahkan pada tahun 2004, Departemen perdagangan AS melaporkan bahwa hanya 2,3 %
dari seluruh penjualan ritel kuatral keempat dilakukan dalam bentuk e-commerce. Ketika ditanyakan mengenai
alasan dari kehati-hatiannya,perusahaan menyebutkan 3 kendala dengan urutan
sebagai berikut :
· Biaya yang tinggi
· Kekhhawatiran akan masalah keamanan
· Perantu lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Masing-masing
kendala di atas akan semakin tertantang seiring dengan semakin populernya
teknologi dan sistem informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya
menurun. Seperti yang diuraikan bab 1, hukum moore meramalkan penggandaan
kekuatan komputer setiap 18 bulan. Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan,
biaya e-commerce juga akan
turun.
Ruang
Lingkup E-Commerce
Ketika anda membaca bagian ini,
pahamilah bahwa e-commerce bersifat
dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa
bulan. Anda hendaknya mengunjungi WWWCENSUS.GOV dan hubungkan ke halaman web
e-stats untuk mengetahui angka-angka e-commerce
yang terakhir.
E-commerce menyumbang hampir $1,7
triliun untuk aktivitas perekonomian di amerika serikat selama tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat
pertumbuhan tahunan lebih dari 15% setiap tahunnya selama 5 tahun terakhir.
Lebih dari 21 % penjualan pabrik produksi AS ($843 miliar) pada tahun 2003
merupakan hasil dari e-commerce. Hampir
17% penjualan dari distributor($730 miliar) adalah e-commerce.
Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak harus mengumpulkan
informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting
yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek.
Perusahaan
menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena
ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber
informasi. Basis data pemerintah juga merupakan sumber informasi penting
lainnya. Informasi diberikan dalam
sejumlah format dan dapat bisa bersifat umum seperti suatu industri atau
bersifat spesifikasi seperti suatu Wilayah. Pemerintah pusat dan banyak
pemerintah daerah mendapat mandat untuk menyediakan informasi publik melalui
internet. Perusahaan menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian
eksternal sendiri untuk kecerdasan pasar. Pencarian eksternal telah dibantu
oleh adanya fakta bahwa semakin banyak perusahaan memberikan informasinya
sendiri di web. Mesin-mesin pencari adalah cara yang paling populer bagi
nseseorang untuk mendapatkan informasi yang tersedia di web.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Masalah dalam menentukan strategi e-commerce yang terbaik memiliki
beberapa kemungkinan solusi. Namun, strategi yang paling sering disebut-sebut
adalah strategi di mana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan trabsmisi data
elektronik. Strategi dimana unsur-unsur
yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan
untuk strategi ini adalah sistem interorganisasional,Istilah yang seringkali
dipergunakan untuk IOS adlah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran
data elektronik).
SISTEM
INTERORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui bagaiman
perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk
menciptakan suatu sistem interorganisasional(interorganizational
sistem—IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit
yang terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap
perusahaan. Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang,sekutu bisnis,atau
alianis bisnis.
Manfaat
IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu
kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting:
EDI terdiri atas transmisi data
langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca
oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang
kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur ituh sendiri, disebut sebagai
jaringan bernilai tambah(value added network—VAN).
Vendor yang memberikan VAN juga
memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur.
Ekstranet
Ekstranet (extranets)adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Perusahaan
menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan
besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang
serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6 persen dari
nilai e-commerce dihasilkan oleh B2B.
Jadi,mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce
B2B menjadi begituh penting ? 2 alasan adalah semakin banyaknya jumlah
produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya
pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian
menggunakan Web.
Produk-produk
Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat
dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan.
Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “katalog” telah mengahadapi
masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh
web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan.
Sebagian
besar perusahaan jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi
aktivitas B2C sebuah perusahaan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim
untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimannya hingga
ke depan pintu rumah mereka. Dengan akses pengiriman web, pelanggan akan dapat
memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman. Pelacakan secara
online dapat membuat penjualan B2C menjadi lebih baik.
Pemerintahan
Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil
manfaat dari e-commerce.satu contoh
adalah polk Country di Florida. Kantor Pajak Polk County menggunakan layanan
online melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat
pajak adalah cara bagipemerintah daerah untuk mengasih pajak bumi dan bangunan
yang belum dibayar. Seorang individu akan memberikan penawaran untuk properti
yang memiliki pajak tertunggak, membayar pajak tersebut, dan menagih pajak dai
pemiliknya, plus sejumlah bunga atas pajak yang terutang
LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan
bergerak
Perdagangan bergerak (mobile
commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital
assistant—PDA) untuk melakukan e-commerce
nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi
analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga
(thirdgeneration—3G)telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi
nirkabel yang mampu memindahkan data.
Nirkabel
Berkelas Bisnis di Semuah Tempat
Hot spot Internet
nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi,namun memeriksa
e-mail di sebuah kedai kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai
bagi profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu
koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian
dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang
lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut.
dan penerimaan data oleh seseorang
melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer dan
koneksi jaringan adalah suatu hal yang memungkinkan untuk dilakukan.
CYBERSPACE
DAN SUPERHINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang juga dikaikan
dengan Internet dan Web— cyberspace dan superbigbway (jalan bebas hambatan
super)informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan William
Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu masyarakat yang
telah menjadi budak teknologi. Kini ,cyberspace berarti dunia Internet dan
World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam konteks yang
sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak akhirnya pada
masyarakat.